Wednesday, May 13, 2015

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Siamang di Taman Satwa Taru Jurug
Teks Deskripsi Bahasa Indonesia
Teks Deskripsi

Siamang yang berada di Taman Satwa Taru Jurug ini berbeda dengan Siamang pada umumnya. Hewan yang terancam punah ini terlihat sangat agresif. Ia nampak terganggu dengan kehadiran para pengunjung. Ia terus meloncat dan bergelantungan kesana-kemari saat ada pengunjung yang mendekatinya.

Badannya kurus namun tinggi. Seluruh tubuhnya hampir ditutupi dengan rambut lebat, kecuali wajah, telapak tangan dan telapak kaki. Rambut yang menutupi tubuh Siamang ini berwarna hitam agak kecoklatan. Siamang ini memiliki hidung dan telinga yang kecil. Ia mempunyai lengan tangan yang panjang. Kakinya lebih pendek dibandingkan dengan lengan tangannya. Lengan tangan nan kuat membantu ia untuk bergelantungan di dahan pohon dan tali yang ada di dalam kandangnya. Matanya gelap sedikit kemerahan serta agak berair. Matanya menatap tajam kepada pengunjung yang datang menghampirinya. Seakan-akan ia tidak suka dikunjungi. Hal ini nampak ketika ada orang yang mencoba mendekati kandangnya, ia mengeluarkan suara yang nyaring nan keras. Pada leher hewan herbivora ini terdapat seperti kantung suara yang akan mengembang besar ketika ia mengeluarkan suara. Kantung suara ini berfungsi untuk membuat pita suara Siamang lebih keras. Suaranya terdengar hingga ratusan meter. Di alam liar, Siamang mengeluarkan suara sebagai pertanda kalau ada bahaya yang mengancam kelompoknya. Biasanya Siamang mengeluarkan suara selama 5-10 menit. Dan akan berhenti setelah bahaya berlalu.

Kandang hewan yang dilindungi pemerintah ini sangat tidak terawat. Kawat besi yang digunakan sebagai dinding sudah berkarat. Atap yang terbuat dari seng itupun sebagian ada yang bocor. Di lantai terdapat kotoran dari Siamang yang berserakan dimana-mana. Sudah pasti hal ini menimbulkan bau yang cukup menyengat. Bak penampungan air minum hewan primata ini juga kotor. Nampaknya air minum Siamang ini tidak diganti selama beberapa hari. Makanan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran berserakan dilantai. Di dalam kandang terdapat tali dan sedikit dahan pohon yang dibentuk sedemikian rupa agar mirip dengan alam liar habitat asli dari primata ini. Namun, dengan maksud agar mirip dengan alam liar malah terlihat seperti penjara bagi Siamang. Siamang ini tidak sepantasnya berada di kandang tersebut.

Diatas merupakan salah satu contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia kelas X (10). Adapun mengenai salah satu hewan di Kebun Binatang Jurug, Solo, Jawa Tengah. Di dalam Kebun Binatang Jurug terdapat banyak sekali hewan. Namun, saya memilih Siamang ini karena unik.
Kumpulan Teks Deskripsi, Text Description, Teks Deskripsi mengenai hewan di kebun binatang, tumbuhan, harimau, kucing, rusa, komodo, sapi, anjing, dan hewan langka, unik, aneh, Contoh Lengkap Teks Deskripsi Bahasa Indonesia Sastra Kelas X Semester 2, Tek Deskripsi Laporan, Umum, Khusus
Url : http://www.goestiqball.com/2015/05/contoh-teks-deskripsi-tentang-hewan.html

Artikel Terkait

Berkomentarlah dengan bijak :)
[-] Jangan melakukan spamming
[-] Tidak menerima URL
EmoticonEmoticon