Monday, February 23, 2015

Tips Atasi Busi Motor atau Mobil Mati

Tags

Busi Mati
Gambar 1.1
Dhika-Share | Tips Atasi Busi Motor atau Mobil Mati. Busi adalah suatu benda vital pada kendaraan bermotor yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi perannya sangat vital. Mengingat busi mempunyai sistem kerja untuk melakukan pembakaran Bahan Bakar kendaraan yang sebelumnya telah dikompres oleh Piston. Busi menghasilkan percikan yang biasa disebut dengan percikan elektrik. Pertama kali busi dirancang oleh Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz.

Busi berperan untuk memercikkan campuran antara bensin dan udara. Jadi, jika suatu mesin pembakaran tanpa adanya busi mustahil untuk bisa melakukan pembakaran bahan bakar. Busi memiliki jenis dan tipe yang beragam. Hal ini sesuai dengan kapasitas mesin kendaraan yang berbeda-beda.

Jika kendaraan anda mogok secara tiba-tiba, hal yang pertama anda cek adalah kondisi daripada busi, baik busi motor maupun busi mobil. Lepaskan busi dari mesin kendaraan kemudian keringkan (jika terkena air). Dan apabila kondisi busi telah berwarna sangat hitam, beri sedikit tetesan bensin pada busi bagian bawah. Kemudian bersihkan menggunakan kain bersih. Lalu keringkan. Jika cara ini berhasil dan kendaraan anda dapat menyala, berarti permasalahan anda telah selesai. Namun, dengan melakukan dua cara ini kendaraan masih belum dapat menyala, anda dapat melakukan cara yang ketiga. Dijamin akan berhasil.

NOTE : Cara ini dapat anda lakukan jika busi telah benar-benar mati total.
Cara Mengakali Busi Mati:
Berikut ini caranya untuk mengakali busi mati. Bahkan busi yang benar-benar mati dan tidak dapat digunakan lagi bisa saja melakukan cara ini dan berhasil. Simak langkah-langkah berikut:
1. Lepaskan busi dari kendaraan anda.
2. Pecahkan/hancurkan keramik yang berada pada area pemantik pada busi menggunakan tang/obeng. Lihat gambar 2.1
busi mati
Gambar 2.1

Anda pecahkan saja keramik/kaca pada pemantik itu. Bisa menggunakan tang maupun obeng. Jika sudah pecah dan hilang, saya jamin busi tersebut dapat digunakan lagi. Bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan.
3. Setelah yakin sudah pecah, pasang kembali busi tersebut pada kendaraan anda.

Namun, jika selang beberapa minggu mati lagi, waspadai pada koil kendaraan anda. Dapat juga koil anda lemah dan minta untuk diganti. Nah, sekian artikel Tips Atasi Busi Motor atau Mobil Mati semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

1 comments so far

Berkomentarlah dengan bijak :)
[-] Jangan melakukan spamming
[-] Tidak menerima URL
EmoticonEmoticon