Sunday, September 28, 2014

Teks Prosedur Kompleks : Pembuatan Batu Bata

Oleh : Gusti Iqbal Mahardhika
prosedur pembuatan batu bata


Dinding rumah pada umumnya terbuat dari batu bata yang kemudian dilapisi dengan semen. Sekarang manusia modern mulai jarang menggunakan batu bata untuk bahan material rumah, mereka beralih menggunakan batako yang harganya lebih murah. Namun, batu bata lebih kuat.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat batu bata sangatlah sederhana dan mudah dicari. Alat dan bahan tersebut terdiri dari : tanah liat, sekam padi, abu kayu, air, cetakan batu bata, pisau/golok.

Pertama, carilah lahan tanah liat, biasanya pada sawah-sawah yang sudah tidak ditanami lagi. Sebaiknya tanah liat tersebut tidak mengandung banyak pasir dan batu, karena dapat mengurangi kekuatan batu bata tersebut, dan membuat batu bata mudah pecah saat proses pembakaran.

Kedua, rendamlah tanah liat yang masih keras dalam kolam selama kurang lebih setengah hari. Hal ini bertujuan untuk melunakkan tanah liat. Setelah lunak, haluskan tanah liat tersebut menggunakan palu atau cangkul, dan buanglah batu yang ada dalam adonan.

Ketiga, campur tanah liat dengan abu kayu atau sekam padi. Setelah adonan telah pas(jangan terlalu banyak air maupun terlalu keras), cetaklah adonan tersebut. Ukuran cetakan bervariasi. Tergantung keinginan pemesan ataupun keinginan pembuat.

Keempat, setelah proses pencetakan, selanjutnya keringkan batu bata tersebut, proses pengeringan membutuhkan waktu yang lama, sekitar 3-4 hari bahkan lebih, tergantung sinar matahari yang ada. Biasanya pada musim kemarau. Jika sudah kering, haluskan batu bata dengan pisau atau golok dari kotoran yang menempel dan untuk meratakannya.
Kelima, adalah proses pembakaran. Jika batu bata mentah sudah terkumpul banyak, tinggal melakukan proses pembakaran. Proses pembakaran menggunakan sekam padi. Waktu dalam pembakaran kurang lebih tiga hari tiga malam, tergantung jumlah batu bata yang dibakar. Jika terlalu panas batu bata dapat pecah. Jadi, perkirakan ukuran api agar tidak terlalu besar. Jika batu bata sudah jadi, batu bata didinginkan terlebih dahulu, dan nanti dapat dijual seharga Rp.500,- per biji.



Cara membuat teks prosedur, prosedur pembuatan batu bata, pembuatan batu bata secara sederhana, contoh teks prosedur, teks prosedur, contoh teks prosedur yang baik dan benar, teks prosedur kompeks, teks kompleks. komplek, teks prosedur kompleks bahasa indonesia wajib kelas x 10, contoh teks prosedur kompleks tentang pembuatan barang, batu bata

Artikel Terkait

6 comments

Wah ini nih yang saya cari cari :D Thanks gan udah share.. sangat membantu :)

Wah kreatif gan, ilmu baru nih makasih udah berbagi
keep nice post :)

wah bener2 kreatif nih gan, thanks info nya gan

Berkomentarlah dengan bijak :)
[-] Jangan melakukan spamming
[-] Tidak menerima URL
EmoticonEmoticon